Berita Nasional

Menkopolhukam: SOP Untuk Pencegahan Kebakaran Hutan

Pemerintah Sempurnakan SOP untuk Pencegahan Kebakaran HutanJakarta, polkam.go.id. 21/12/2015. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan menggelar jumpa pers terkait dengan penanganan kasus kebakaran hutan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta. Menko Polhukam didampingi oleh Menkominfo, MenLH dan Kehutanan, Kapolri, KaBIN, dan Kepala BNPB.

Menko Polhukam menjelaskan berbagai langkah antisipasi kabut asap akibat kebakaran hutan telah dilakukan pemerintah. Salah satunya dengan membuat Standar Operasional Prosedur bagi lembaga terkait.

“Kami akui ada koordinasi yang kurang tajam dalam mengantisipasi status El Nino. Tapi telah diperbaiki, setelah kami sempurnakan SOP untuk pencegahan pada tahun depan, dengan demikian prosedur tersebut diharapkan akan meminimalisir kebakaran hutan di waktu yang akan datang. Disamping itu terkait masalah korporasi, administrasi dan hukum juga telah kami sempurnakan,” kata Menko Polhukam.

Menurut Menko Polhukam, pemerintah belum bisa menjamin tidak ada lagi kebakaran hutan pada tahun 2016. Namun, dirinya menegaskan bahwa skala kebakaran akan jauh lebih berkurang dibandingkan tahun ini.

Menko Polhukam mengatakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan beserta Polri hingga saat ini masih melakukan proses hukum terhadap individu dan korporasi yang terbukti melakukan pembakaran hutan.

Sumber: polkam.go.id

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *