Berita Nasional

Menhub Minta Bandara yang Belum Berpagar Segera Dipasang

Menhub Minta Bandara yang Belum Berpagar Segera DipasangJAKARTA – Masih banyaknya bandar udara di Indonesia yang belum dipasang pagar membuat Menteri Perhubungan Ignasius Jonan heran sekaligus prihatin. Bandara yang tidak berpagar atau ada bagian-bagian yang tidak berpagar itu, adalah bandara-bandara yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan.

‘’Kondisi bandara yang seperti itu (tidak berpagar) sangat berbahaya bagi keselamatan penerbangan. Karena bandaranya tidak aman itulah banyak maskapai yang tidak mau terbang ke bandara tersebut,’’ kata Menhub saat membuka Pameran Transportasi Indonesia di Gedung Smesco, Jakarta, Rabu (16/9).

Menurut Jonan, selain menjamin keamanan bandara, pemasangan pagar akan menarik banyak maskapai menggunakan bandara. “Kalau mau banyak maskapai masuk bandara harus aman dulu. Harus dipasang pagar makanya, yang sederhana-sederhana saja,” ucap Jonan.

Jonan mengaku heran dengan masih banyaknya bandara yang airside-nya tidak dipagar. Kondisi itu, kata Jonan, sangat riskan untuk keselamatan penerbangan.

Jonan mengungkapkan, saat ini ada 237 bandara di seluruh Indonesia. ‘’Bandara lho ya, bukan lapangan udara,’’ tukasnya.

Sebanyak 26 bandara besar dikelola PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II. Sebanyak 30 bandara dikelola oleh Pemerintah Daerah seperti Bandara Abdurrahman Saleh Malang. Sisanya ada 181 bandara yang yang dikelola Kemenhub. Bandara-bandara yang tidak berpagar ini sebagian besar di kelola oleh Kementerian Perhubungan.

Pemasangan pagar di sekitar bandara menurut Jonan jauh lebih penting, ketimbang memasang banyak alat keamanan di dalam bandara. Kalau tidak ada pagar, buat apa dipasang x-ray atau metal detector. Itu tidak perlu sama sekali kalau pagarnya tidak ada,” ujar Jonan seraya menjelaskan bahwa pagar menjadi pembatas arena landasan bandara dengan area umum.

Dijelaskan oleh Jonan, tiga minggu lalu pihaknya ke Kaimana (Papua Barat). Di bandara itu pagarnya tidak lengkap. ‘’Makanya saya bilang, kalau bandara pagarnya tidak lengkap, ya tidak usah pakai x-ray dan metal detector. Wong nggak ada pagarnya kok,’’ ujarnya.

Jonan sudah memerintahkan bawahannya untuk mengurus bandara-bandara yang belum memiliki pagar airside. ‘’Saya sudah perintahkan Direktur Bandara. Bagi bandara yang belum lengkap pagarnya harus dipasang segera. Ini penting untuk keselamatan penerbangan,’’ pungkasnya.

Sumber: Dephub.go.id

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *