MEMASUKI ERA MILENIAL, KAUM PEREMPUAN HARUS DISINERGIKAN LEWAT SEKTOR EKONOMI AGAR MAMPU MENOPANG BIAYA HIDUP KELUARGA

Forum Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan dan Keluarga di Bidang Ekonomi

Panyabungan (17/12). Kegiatan Fasilitas Forum Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan dan Keluarga dibidang Ekonomi yang dilaksanakan di Aula Hotel Madina Sejahtera Panyabungan, secara resmi di buka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  Ir. Donna Dameria. MM mewakili Bupati Mandailing Natal. Acara yang dibuka pukul 09.00 WIB turut dihadiri oleh pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) diantaranya adalah Pemilik usaha Kopi Mandailing, pemilik usaha home industri (industri rumah tangga) dan Peserta Pelatihan.

Kegiatan Fasilitas Forum Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan dan Keluarga dibidang Ekonomi dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan,  menambah lapangan usaha dan pendapatan keluarga sehingga terwujudnya kemandirian meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarga.

Perempuan berkualitas adalah sosok yang sadar akan potensi yang dimilikinya dan mampu mengembangkan karakter dirinya serta dapat memposisikan diri sebagai mitra yang baik bagi suami dan anggota keluarga lainnya. Rumah tangga yang harmonis dan dapat berjalan lebih indah bila ada kerjasama antara suami sebagai pemimpin rumah tangga dan istri selaku penyeimbang keharmonisan keluarga. Perempuan yang berkualitas juga memiliki peran dan potensi untuk membentuk wajah masa depan suatu keluarga, masyarakat bahkan suatu bangsa.

Perekonomian suatu keluarga saat ini tak hanya bertumpu pada penghasilan dari laki-laki saja yang memiliki kedudukan sebagai kepala keluarga. Namun perempuan juga memiliki peran dalam membantu perekonomian keluarga. Dilihat dari segi ekonomi, perempuan juga memiliki peran dalam memenuhi kebutuhan perekonomian keluarga. Namun jika dilihat dari segi budaya, yang menjadi pencari nafkah tak hanya laki-laki saja, perempuan juga ikut mencari nafkah untuk keluarga. Meskipun demikian kepala keluarga tetap menjadi penanggungjawab utama bagi kebutuhan hidup keluarga.

Lebih lanjut Donna Dameria, mengharapkan para peserta pelatihan agar lebih bersemangat dan serius mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat menumbuhkan perekonomian khususnya bagi kaum perempuan di wilayah Kabupaten Mandailing  Natal. Disamping itu Donna Dameria, juga tak lupa berpesan agar nantinya para peserta pelatihan dapat berbagi ilmu dilingkungan tempat tinggalnya sehingga perekonomian kaum perempuan tidak hanya dinikmati oleh para peserta pelatihan saja.

 

Tim Redaksi

(Gustina / Suwito)