Berita Madina

Masyarakat Pastap Julu Nikmati Pembangunan Dari Dana Desa

Masyarakat Pastap Julu Nikmati Pembangunan Dari Dana DesaPanyabungan – Kita patut berterima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Pusat yang telah mencanangkan Dana Desa yang bersumber dari APBN demi pembangunan desa agar lebih maju dan berkembang serta mandiri.

Ungkapan terimakasih dan apresiasi tersebut disampaikan beberapa warga masyarakat dan BPD Pastap Julu Kecamatan Tambangan Kab. Mandailing Natal (Madina), kepada wartawan pada minggu kemarin di desanya.

BPD Pastap Julu Martua Lubis, mengatakan dengan adanya kucuran dana dari pemerintah pusat masyarakat desa akan terbantu baik itu pembangunan, fisik, infrastruktur maupun kegiatan lainya, mengingat masih banyaknya yang belum tersentuh oleh pembangunan selama ini.

Saat ini kita sudah merasakan program dari dana desa, pembangunan dan pembukaan jalan rabat beton menuju sentra produksi perkebunan, pembangunan pagar madrasah dan pemberdayaan berupa pelatihan dalam peningkatan skill pada masyarakat, serta pembelanjaan perlengkapan keperluan desa.

“Saat ini kita sedang melakukan pembanguanan jalan rabat beton menuju sentra produksi perkebunan, hanya saja sekarang ini terkadang terkendala factor cuaca, hujan merupakan salah satu kendala dalam rangka pekerjaannya,” ucap Martua.

Kemudian Martua menambahkan, ”Sumber daya alam Desa Pastap Julu sunguh luar biasa, tanahnya yang subur, karena daerah ini berada 900 meter diatas Permukaan Laut (DPL), hama tanaman nyaris tidak ada dan kualitasnya tinggi, seperti kopi. Saat ini warga sedang menggalakan tanaman kopi, sehingga salah satu dari sasaran serapan dana desa di Pastap Julu adalah pembukaan jalan rabat beton menuju perkebunan, karena kita menilai pasaran kopi lebih baik kedepanya,” ujar Martua

Dalam kesempatan yang sama, Ali Musa Manto Lubis, seorang tokoh masyarakat Madina yang juga merupakan pegiat kopi di daerah itu, menyampaikan sasaran untuk pembukaan jalan sentra produksi perkebunan yang diprogramkan dalam dana desa bagi masyarakat Pastap Julu sungguh tepat, dimana nantinya dengan tersedianya jalan yang memadai akan meningkatkan minat warga untuk memperluas areal perkebunanya. Karena hanya ini satu-satunya cara untuk meningkatkan derajat dan taraf hidup masyrakat.

“Dengan pembukaan jalan dan pembanguan infrastruktur jalan yang memadai akan meningkatkan minat masyarakat untuk berkebun, karena dengan akses jalan yang mudah dan tanaman kebun yang tepat akan menggairahkan warga didalam menggeluti usahanya. Oleh karean itu keseriusan pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat sangat kita harapkan, terutama pemerintah daerah, jangan cuma hanya pembanguana infrastruktur jalan saja akan tetapi bagaimana masyarakat terus dibina bagaimana cara berkebun yang benar dan begitu pula nantinya dengan pemasaran yang tepat seperti pendirian koperasi, sehingga masyarakat tidak terjebak dalam harga tengkulak,” ujar Ali Musa Manto.

“kita sangat mengapresiasi program pemerintah dalam memajukan desa dan menjadikan desa jadi mandiri, karena dalam serapan dana desa ini semua aspek tersentuh, tidak hanya pembangunan infrastruktur jalan, juga peningkatan skill kemampuan warga dalam usaha, juga pembangunan pendidikannya,” ucap Manto.

Sumber: startfmmadina.com

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *