Berita Madina

Masyarakat Desa Huraba Adakan Syukuran Usai Panen Padi

Usai Panen Padi Masyarakat Madina Adakan SyukuranPanyabungan, Sumut 2/3 – sudah merupakan kebiasaan masyarakat Desa Huraba Kec. Siabu Kab. Madina dalam kurun sembilan tahun ini selalu melaksanakan syukuran bersama anak yatim, Panyabungan, Senin.

Ahmad Kudeit Batubara selaku tokoh masyarakat mengatakan, “sehabis melaksanakan panen padi, masyarakat Huraba selalu mengadakan syukuran memberi makan anak yatim dan piatu yang merupakan bukti syukur kepada Allah Swt yang telah memberikan rezeki dan rahmatNya,” katanya.

Menurutnya, “memberi makan anak yatim piatu sudah merupakan tanggung jawab bersama dengan masyarakat, apalagi hasil panen kali ini sangat memuaskan dan patut kita syukuri.”

“Kegiatan seperti ini selalu dilakukan dua kali dalam setahun usai musim panen padi,” kata Kudeit  

Sementara Camat Siabu, Edi Sahlan Matondang, SH, melalui Sekcam Siabu Mawardi S.Sos mengatakan “kekompakan masyarakat Desa Huraba yang sudah sembilan tahun melakukan acara seperti ini perlu dicontoh oleh warga lain khususnya di Kecamatan Siabu Kab. Madina ditengah–tengah masyarakat masih kuat,” katanya.

Menurut Mawardi, “melestarikan tradisi seperti ini tidaklah mudah apalagi kegiatan ini juga menunjukkan bahwa kesenjangan antara anak yatim piatu dengan anak–anak yang lainnya tidak ada.”

“Mudah–mudahan tradisi ini dapat dilestarikan kedepan dan kita akan selalu berdo’a agar Allah Swt selalu melimpahkan rahmat dan rezekiNya kepada kita semua,” sebut Mawardi.

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *