Kunjungan Tim Evaluasi dari TP PKK Provinsi Sumut ke Desa Suka Maju Kec. Natal Kab. Mandailing Natal

Diskominfo – Madina. Pembangunan Nasional adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa dalam rangka mencapai tujuan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pembangunan akan berhasil dengan efektif apabila di satu pihak ada fasilitas dan sistem pelayanan yang disediakan pemerintah dan partisipasi aktif seluruh masyarakat.

Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat mempunyai peranan yang besar dalam proses pembangunan, karena kondisi suatu keluarga dapat dijadikan sebagai tolak ukur terhadap kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Untuk dapat membina keluarga secara langsung dan menjangkau sasaran sebanyak mungkin, dibentuk Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), yang mekanisme gerakannya dikelola dan dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK di setiap jenjang.

Gerakan PKK bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera lahir dan batin. Sasaran Gerakan PKK adalah keluarga, baik di perdesaan maupun perkotaan yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan kemampuan dan kepribadiannya, dalam bidang Mental spiritual dan Fisik material. Dalam hal ini program PKK yang diimplementasikan di Desa Suka Maju Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal adalah masuk dalam kategori Kelestarian Lingkungan Hidup.

Pelaksanaan Desa Binaan Lingkungan Bersih dan Sehat tingkat Provinsi tahun 2019 Desa Suka Maju Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal mendapat perhatian dari tim evaluasi TP PKK Provinsi Sumatera Utara. Desa Suka Maju Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal masuk dalam nominasi kategori lingkungan bersih dan sehat di tingkat provinsi tahun 2019. Rabu (08/01/2020)

Kunjungan tim evaluasi dari TP PKK Provinsi Sumatera Utara disambut langsung oleh Camat Natal, Riplan, S.Sos, Tim Penggerak PKK Desa Suka Maju, Sunarti, Kepala Desa Suka Maju, Arifin dan Anggota TP PKK Desa Suka Maju.

Tim Penggerak PKK Desa Suka Maju dalam laporannya mengatakan “Selamat datang kepada tim evaluasi TP PKK Provinsi Sumatera Utara di Desa Suka Maju Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal, dan terimakasih yang sebesar-besarnya karena telah mengunjungi Desa Suka Maju, dengan kedatangan tim dari Provinsi ini, kami TP PKK Desa dan masyarakat akan terus berjuang dan semangat dalam memperbaiki kekurangan yang ada dan mengusahakan supaya Desa Suka Maju menjadi juara nantinya. Dengan kedatangan tim evaluasi ini kami berharap dukungan dari semua pihak khususnya OPD terkait tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa tentunya”.

Camat Natal menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Evaluasi Provinsi yang telah hadir dan datang langsung untuk melakukan monitoring dalam penilaian sebagai Desa Binaan di tingkat provinsi, dan berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung sehingga kita mampu meraih sebagai juara 1 Desa terbersih dan terindah di Kabupaten Mandailing Natal. dengan pencapaian itu tidak lain berkat adanya sinergitas antara masyarakat yang luar biasa, Kepala Desa dan perangkat-perangkat desa lainnya. Semangat yang luarbiasa dari masyarakat dapat membangun dan mengembangkan suatu desa.

Tim Evaluasi Provinsi Sumatera Utara menyampaikan bahwa Desa Suka Maju sangat potensial untuk menjadi wakil Provinsi Sumatera Utara di tingkat nasional. Dari 10 kategori perlombaan Desa Binaan haitu, Hatinya PKK, IFA TES, PHBS, LBS, Pola Asuh Anak Remaja, UP2K, dan lainnya, Desa Suka Maju masuk dalam kategori Desa Binaan LBS (Lingkungan Bersih dan Sehat). Hanya dua desa saat ini yang masuk dalam kategori yang terbaik di tingkat provinsi dalam kategori Desa Binaan Ramah Lingkungan Bersih dan Sehat salah satunya Desa Suka Maju.

Tim Redaksi