Berita Madina

Kualitas Serai Wangi Madina Kalahkan Srilanka dan India

Kualitas Serai Wangi Madina Kalahkan Srilanka dan IndiaPANYABUNGAN – Kualitas serai wangi dari Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengalahkan serai wangi dari negara Srilangka dan India.

“Kualitas serai wangi asal Pakantan, Kabupaten Mandailing Natal ini kwalitasnya mencapai 45 %, sementara serai wangi asal negara Srilanka dan India mempunyai kualitas 25 % saja,” ungkap Anwar Mahjuddin dari Biosurya Global Sdn. Bhd, Malaysia menjawab Mandailing Online, Jum’at (3/6/2016).

Saat ini sejumlah petani di kawasan Pakantan membudidayakan serai wangi dengan tujuan ekspor. Menurut Anwar, kualitas seraimwangi yang tinggi dari Pakantan menyebabkan tingginya permintaan di tingkat Internasional.

Pihaknya saat ini membutuhkan pasokan serai wangi dalam jumlah besar, terutama dari kawasan Mandailing Natal dan kawasan lain di Sumatera Utara.

Biosurya Global Sdn. Bhd, Malaysia membutuhkan sekitar 1.000 ton serai wangi setiap bulan. Namun, untuk saat ini pihaknya masih belum banyak memperoleh pasokan serai wangi dari kawasan Sumatera Utara.

Dikatakan Anwar produk asal Kabupaten Mandailing Natal ini kualitasnya sangat bagus dan harganya juga mampu bersaing dengan negara-negara Eropa, USA dan Asia.

Serai wangi dari Madina mempunyai kelebihan, yakni daunnya yang lebar dan ditanam di daerah yang subur di ketinggian 600 sampai dengan 800 DPL (Diatas Permukaan Laut). Ini membuat peluang pasar ekspor dari Madina di pasaran internasional seperti Malaysia, Eropa dan USA semakin terbuka luas.

Untuk itu, dia berharap adanya dorongan bagi petani dari pihak bank dan pemerintah sehingga jumlah petani serai wangi makin banyak di Madina.

Sumber: mandailingonline.com

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *