Berita Madina

KPU Mandailing Natal Terus Lakukan Pendidikan Pemilih Pemula

KPU Madina Terus Lakukan Pendidikan Pemilih PemulaPanyabungan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal selalu berupaya untuk membangkitkan kesadaran masyarakat tentang hak pilih. Untuk itu, KPU Madina akan terus melakukan pendidikan pemilih kepada kepada mereka yang sudah mempunyai hak pilih terutama kepada pemilih pemula.

Hari ini, Jumat (4/11), KPU Madina kembali melaksanakan pendidikan pemilih pemula di SMA Negeri 1 Panyabungan Utara yang sebelumnya telah dikoordinasikan oleh Sekretariat KPU Madina minggu lalu. Kegiatan itu dihadiri Anggota KPU Madina yang bertindak langsung sebagai pemateri diantaranya, Ketua KPU Madina, Agus Salam, Anggota KPU Madina Divisi Sumber Daya Mahusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Akhir Mada, dan Asrizal Lubis selaku Divisi Perencanaan dan Data.

“Sama seperti kegiatan-kegiatan yang telah kita lakukan sebelumnya, pendidikan pemilih ini merupakan upaya meningkatkan pemahaman dan memberikan pendidikan untuk terlibat dan berpartisipasi terhadap pelaksanaan Pemilu/Pemilihan,” ujar Ketua KPU Madina, Agus Salam saat menyampaikan materinya.

Disampaikan Agus, salah satu tudas dan tanggung jawab KPU selaku penyelenggara Pemilu adalah melakukan sosialisasi atau pendidikan pemilih yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pemilih. “Jadi, outputnya bukan sekedar memilih saja. Tapi proses pemilu juga harus diketahui pemilih seperti pendaftaran pemilih, masa kampanye, penghitungan suara, pengumuman hasil pemilu dan sebagainya,” ujar pria kelahiran Sibanggor Tonga tersebut.

Sementara itu, Akhir Mada menyampaikan, KPU Madina akan terus melaksanakan Pendidikan Pemilih Berkelanjutan, dan menyusun kegiatan Pendidikan Pemilih Pemula serta terus bekerjasama dengan Pemerintah daerah baik melalui Dinas Pendidikan untuk menyampaikan tentang pentingnya Demokrasi dalam pelaksanaan Pemilu/Pemilihan di masa yang akan datang.

Sejalan dengan hal tersebut, Asrizal pada kesempatan yang sama juga menyampaikan, dengan adanya pendidikan pemilih bagi pemilih pemula ini, diharapkan disamping pengetahuan tentang kepemiluan juga nantinya para pemilih pemula dapat benar-benar memberikan hak suaranya pada saat berlangsungnya Pemilu/Pemilihan.

“Dengan demikian, disamping kualitas sebagai pemilih cerdas, para pemilih pemula ini tentunya juga akan mendongkrak partispasi masyarakat dalam memilih calon pemimpin yang sesuai dengan pilihannya,” pungkasnya.

Usai kegiatan tersebut, KPU Madina mengucapkan terimakasih dan memberikan piagam penghargaan kepada Kepala SMA Negeri 1 Panyabungan Utara, atas kerjasamanya dalam memfasilitasi pelaksanaan pendidikan pemilih di sekolah itu. Penyerehan piagam turut disaksikan Staf Bagian Hukum, Syaiful Bahri, Staf Teknis dan Hupmas, Beny Aswin Harahap, dan Staf Program dan Data KPU Madina, Mukmin dan salah seorang Dewan Guru, Parwis Lubis. (along/ppid/KPUMadina).

Sumber: kpud-madinakab.go.id

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *