Berita Madina

KPU Madina: Pengisian Formulir C1 Harus Hati-Hati

KPU Madina Pengisian Formulir C1 Harus Hati-HatiKPU Madina – Panyabungan

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal (Madina) Divisi Teknis Penyelenggara, Akhir Mada menyampaikan, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) harus hati-hati dalam mengisi Formulir C1. Karena jika terjadi kesalahan akan berdampak dan berlanjut sampai rekapituluasi tingkat kabupaten.

“Namun jika terjadi kesalahan dalam pengisian formulir C1, maka KPPS tidak boleh menghapus dengan menggunakan type ex. Tetapi cukup diperbaiki dengan cara menggaris dua kali (atas bawah) pada angka yang salah kemudian ditulis dengan angka yang benar dan diparaf oleh Ketua KPPS dan para saksi,” ujarnya di Kantor KPU Madina, Rabu (25/11).

Dia menambahkan, pengisian dalam formulir C1 pengguna hak pilih tidak boleh lebih besar daripada data pemilih. Seluruh pengguna hak pilih harus sama dengan jumlah surat suara yang digunakan serta harus sama dengan jumlah suara sah dan tidak sah. “Apabila tiga item di atas terdapat perbedaan, berarti data tersebut bermasalah,” paparnya.

Disampaikannya, waktu pemungutan suara akan dimulai pada pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB. “Namun, jika terjadi antrian pemilih di TPS sudah memasuki batas waktu yang telah ditentukan, maka proses pemungutan suara terus dilanjutkan sampai pemilih yang mengantri tersebut selesai memberikan hak suaranya dan tidak memberikan waktu lagi kepada pemilih yang akan datang ke TPS memberikan hak suaranya,” Pungkasnya.

Akhir Mada berharap, seluruh penyelenggara baik di tingkat kecamatan sampai dengan tingkat paling bawah yakni KPPS dapat bersikap jujur, adil, independen, dan berintegritas sehingga penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madina tahun 2015 dapat berlangsung sukses dan berjalan dengan lancar. (along/jw/KPU Madina).

Sumber: kpud-madinakab.go.id

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *