Berita Madina

KPU Madina Hadiri Rapat Evaluasi Pilkada Serentak 2015

KPU Madina Hadiri Rapat Evaluasi Pilkada Serentak 2015Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal (Madina) menghadiri rapat evaluasi penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2015 yang diselenggarakan KPU Propinsi Sumatera Utara, bertempat di Gedung Binagraha Kantor Gubernur Sumatera Utara, Medan, Kamis-Jumat (18-19/2).

Kegiatan tersebut diikuti Anggota dan sekretaris KPU Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, baik yang telah menyelenggarakan Pilkada Serentak Tahun 2015 maupun yang akan melaksanakan Pilkada Serentak tahap II tahun 2017 mendatang.

Pantauan kpud-madinakab.go.id disebutkan, secara umum penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2015 di Propinsi Sumatera Utara dinilai sukses walaupun ada beberapa Kabupaten mengajukan permohonan gugatan perselisihan hasil pemilihan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sehingga, masih ada beberapa catatan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan Pilkada serentak yang akan datang.

Anggota KPU Madina Divisi Teknis Penyelenggara, Akhir Mada menyebutkan, evaluasi dilakukan dengan sudut pandang berbagai masalah Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada serentak tahun 2015 oleh divisi masing-masing meliputi perencanaan dan penganggaran, pemutkahiran daftar pemilih, pencalonan, pengadaan dan distribusi logistik,  sosialisasi, pembentukan penyelenggaran ad hoc, kampanye, pemungutan dan penghitungan suara, rekapitulasi perolehan suara, sampai pada pengusulan pengesahan penetapan calon terpilih.

“Dari hal tersebut, disampaikan upaya pemecahan permasalahan serta saran untuk perbaikan penyelenggaran Pilkada selanjutnya, baik Kabupaten/Kota yang telah menyelenggarakan Pilkada Serentak Tahun 2015 maupun Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pilkada Serentak tahap II yang akan datang” jelas Akhir Mada. (along/jw/KPU Madina).

Sumber: kpud-madinakab.go.id

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *