Berita Nasional

KPK: Jangan Main-Main Dengan Dana Desa

KPK: Jangan Main-Main Dengan Dana DesaMEDAN – Sehari pasca dilantik sebagai Gubernur Sumut di Jakarta, Tengku Erry Nuradi langsung melaksanakan aktivitas yang padat di Sumut sebagai kepala daerah.

Bertempat di Aula Martabe, Erry Nuradi mengawali kegiatannya di Medan, menghadiri kegiatan Sosialisasi Pencegahan Korupsi Pengawalan Bersama Pengelolaan Keuangan-Dana Desa Kamis (26/5).

Kegiatan ini dihadiri Pimpinan KPK Saut Situmorang, perwakilan FKPD Provsu, Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah 3 Iskandar, Direktur Usaha Ekonomi Desa Kementerian Desa Tertinggal Sugeng, mewakili Kemendagri Ida, mewakili FKPD Provsu, Kepala BPKP Provsu Mulyana, Sekdaprovsu Hasban Ritonga, para pimpinan SKPD Provsu dan para peserta Sosialisasi se-Sumatera Bagian Utara (Sumbagut).

Erry Nuradi mengharapkan sumber daya masyarakat desa memiliki kapabilitas dalam pengelolaan dana desa. Sehingga dana desa tepat sasaran, jumlah, waktu, ekonomis serta diarahkan kepada sektor produktif dan padat karya. “Sehingga pembangunan dan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat dengan cepat terutama di pedesaan,”ujarnya.

Dikatakan Erry, berdasarkan pengamatan di lapangan sering terjadi permasalahan dalam pengelolaan keuangan desa. Permasalahan itu diantaranya pelaksanaan tidak mengacu pada pedoman atau peraturan perundang-undangan yang melandasi, tidak sesuai dengan dokumen perencanaan desa yaitu RPJM desa dan rencana kerja pembangunan desa, sering tidak melalui musyawarah desa, tidak sesuai rencana anggaran biaya dan juga pengawasan masih lama.

Gubsu meminta kepada pemerintah desa dalam pengelolaan dana desa pemerintah desa dapat merencanakan, melaksanakan, mempertanggungjawabkan serta melaporkan kegiatan yang dilaksanakan di desa secara tertib kepada masyarakat dan jajaran pemerintah diatasnya sehingga terhindar dari penyimpangan.

Sumber: waspada.co.id

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *