Berita Madina

Kementerian Pertanian Akan Buka Areal Persawahan Baru di Madina

Kementerian Pertanian Akan Buka Areal Persawahan Baru di MadinaSIABU – Kementerian Pertanian bekerjasama dengan TNI dalam waktu dekat ini akan melakukan pembukaan areal persawahan di Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal.

Rencana pembukaan areal persawahan baru tersebut berada di kawasan Rodang Tinapor, sebagai upaya pencapaian swasembada pangan pada tahun 2017 yang akan datang.

Target awal pencetakan baru ini mencapai 1.000 hektar, tetapi bisa menjadi 10 ribu hektar jika hasil yang tercapai dalam program awal menunjukkan keberhasilan pelaksanaan dan dan hasilnya.

“Pemerintah pusat telah merencanakan pembukaan areal persawahan baru di Kabupaten Mandailing Natal ini dan direncanakan percetakan sawah tersebut akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Siabu,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal, Taufik Zulhandra Ritonga, kemarin.

Rencana ini juga telah disampaikannya dalam acara sosialisasi perluasan tanam di aula Kantor Camat Siabu, Rabu (27/1).

Diungkapkannya, sejauh ini luas lahan persawahan di Madina ini sudah berkurang sekitar 1.500 ha dalam kurun waktu 15 tahun terakhir ini, untuk itu sangat diperlukan percetakan areal persawahan baru.

Sementara itu, Dandim 0212/TS, Letkol Inf Uyat Harahap mengatakan perluasan areal tanam di Madina adalah untuk meningkatkan prekonomian masyarakat, sedangkan untuk pencapaian secara nasional adalah secara luasnya.

Di sisi lain, pihak BPN (Badan Pertanahan Madina) Madina sudah menyatakan mendukung program cetak sawah ini dari sisi administrasi pertanahan. Bahkan sertifikat tanahnya akan diupayakan dari program Prona.

Sumber: mandailingonline.com

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *