Berita Nasional

Kelas Inspirasi Sinema Akan Hadir di Sekolah Meriahkan Hari Film Nasional

Kelas Inspirasi Sinema Akan Hadir di Sekolah Meriahkan Hari Film NasionalJakarta, Kemendikbud – Kelas Inspirasi Sinema (KIS) akan menjadi salah satu kegiatan dari rangkaian peringatan Hari Film Nasional 2016. Ketua Panitia Hari Film Nasional 2016, Niniek L Karim mengatakan, Kelas Inspirasi SInema merupakan inisiatif dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan. Peringatan Hari Film Nasional 2016 diselenggarakan Kemendikbud melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbang Film) bekerja sama dengan insan perfilman Indonesia.
 
“Jadi Kelas Inspirasi Sinema itu para sineas nanti akan datang ke sekolah-sekolah untuk menceritakan dirinya dan dunia film. Awalnya Pak Menteri ingin kita mendatangi 50 sekolah, tapi karena waktu yang sempit tidak bisa. Namun berkat dukungan Kemendikbud dan antusiasme dari sineas, kami merencanakan datang ke 30 sekolah,” ujar Niniek saat gelar wicara dengan RRI Pro 3 FM di Kantor Kemendikbud, Jakarta, (22/3/2016).
 
Kelas Inspirasi Sinema akan digelar di 20 SMA/SMK di Jakarta dan 10 SMA/SMK di Kota Bandung. Kunjungan yang diberi nama Kelas Inspirasi Sinema ini menjadi temu tanya-jawab yang dilakukan para pelajar dengan sineas juga artis. Sineas yang ikut serta dalam Kelas Inspirasi Sinema di antaranya Joko Anwar juga Swastika Nohara penulis naskah film ‘Cahaya dari Timur: Beta Maluku’.
 
Di Kota Bandung, Kelas Inspirasi Sinema akan berlangsung pada 23 dan 24 Maret 2016, sedangkan di Jakarta akan diselenggarakan pada 28 dan 29 Maret 2016. “Mungkin ada bakat-bakat terpendam dari anak-anak begitu mendengar Kelas Inspirasi Sinema,” kata Niniek.
 
Kepala Pusbang Film Kemendikbud, Maman Wijaya mengatakan Kemendikbud mendukung penuh penyelenggaraan peringatan Hari Film Nasional 2016, termasuk dari sisi anggaran. Selain itu Kemendikbud juga memfasilitasi panitia dalam berkomunikasi dengan dinas pendidikan di daerah-daerah untuk kegiatan pertunjukan keliling atau roadshow di lima kota, yaitu Aceh, Balikpapan, Jember, Sumbawa, dan Parigi.

Sumber: kemdikbud.go.id

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *