Berita Madina

Kampoeng Kaos Mandailing Kembangkan Ekonomi Kreatif

Kampoeng Kaos Mandailing Kembangkan Ekonomi KreatifPanyabungan – Salah satu pusat ekonomi kreatif Kampoeng Kaos Mandailing di Kelurahan Sipolu polu Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal kembangkan ekonomi kreatif dengan cara melakukan pemberdayaan generasi muda dalam pembuatan beberapa macam handycraft khas daerah Madina.

Pembuatan handycraft yang bercorak budaya Mandailing ini dilakukan sebagai salah satu upaya dalam pelestarian budaya Mandailing, salah satunya adalah dengan pembuatan alat musik ciri khas Mandailing yakni Gordang Sambilan.

Selain dapat memproduksi berbagai miniatur ciri khas daerah tersebut seperti, miniatur Gordang Sambilan, Bagas Godang serta tenunan batik, KKM ini juga menyediakan berbagai macam pelatihan-pelatihan kepada umum seperti pelatihan, menjahit, sablon, gordang baik tim maupun perseorangan.

Ketua KKM, Sobir Lubis menjawab Antara, Sabtu, mengatakan, kehadiran KKM ini dimaksudkan selain dapat mengembangkan ekonomi kreatif dan penyerapan tenaga kerja juga sebagai salah satu upaya untuk menjaga kelestarian alat musik daerah seperti Gordang Sambilan.

“Selain pengembangan ekonomi kreatif dan menumbuh kembangkan kecintaan para generasi muda terhadap budayanya sendiri juga dapat memberi serapan tenaga kerja kepada masyarakat luas,” ujarnya.

Ia mengatakan, pada KMM yang dipimpinnya tersebut saat ini telah menyerap hampir 100 orang tenaga kerja lokal dan luar daerah.

“Karyawan yang bekerja pada pusat ekonomi kreatif kita ini terdiri dari beberapa bagian mulai dari pembuatan gordang, jahit menjahit, sablon dan tenunan,” kata Sobir.

Sumber: antarasumut.com

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *