Berita Nasional

Jokowi Minta Gubernur Turun ke Lapangan

Jokowi Minta Gubernur Turun ke LapanganJAKARTA, WOL –  Presiden Joko Widodo melantik Erry Nuradi sebagai Gubernur Sumatera Utara sisa masa jabatan 2013-2018 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/5).

Erry sebelumnya menjabat Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara dilantik bersamaan dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Gubernur Riau dan Gubernur Kepualauan Riau.

Prosesi pelantikan dimulai diawali dengan penyerahan petikan Kepres pada pukul 15.00 WIB di Istana Merdeka. Selanjutnya Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla serta Mendagri Tjahyo Kumolo bersama para gubernur dan wakil gubernur yang dilantik melakukan kirab dari Istana Merdeka menuju Istana negara tempat prosesi pelantikan. Pelantikan dilaksanakan pada pukul 15.30 WIb yang diawali dengan memperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya dibacakan Kepres tentang pengesahan pengangkatan para gubernur dan wakil gubernur. Setelah itu, dilakukan pengucapan sumpah jabatan oleh Presiden RI serta Penandatanganan sumpah jabatan.

Joko Widodo dalam amanatnya meminta para gubernur dalam menjalankan tugasnya memastikan semua rakyat di daerahnya cukup pangan, medapatkan air bersih, listrik, transportasi dan mengakses layanan pendidikan dan kesehatan yang baik.

“Ini era kompetisi, era persaingan, karenanya butuh kerja keras, produktivitas dan inovasi sehingga kita bersama-sama menjadi bangsa yang terdepan maju, menjadi bangsa pemenang,” ujar Joko Widodo.

Dalam memikul tugas maha berat gubernur menurutnya tidak bisa bekerja sendiri. Perlu membanggun persatuan, menggalang sinergi, memperkuat gotong-royong. Hanya dengan semangat persatuan tersebut, gubernur bisa bekerja lebih baik menjalankan tugas mulia. Dia kemudian mengingatkan bahwa gubernur dan wagub adalah wakil pemerintahan pusat di daerah. Karenanya dalam melaksanakan pembangunan daerah gubernur hendaknya berpedoman pada visi misi Presiden sudah tertuang dalam nawacita agar bisa memabangun keterpaduan, memperkuat sinergi dalam mempercepat pembangunan nasional.

“Saya berharap para gubenur dan wagub mendekatkan diri dengan rakyat, jangan kerja dibelakang meja saja. Harus mau terjun langsung ke lapangan untuk mengurai masalah yang ada,” imbuh Jokowi.

Presiden meminta gubernur lakukanlah reformasi birokrasi dan anggaran publik secara fundamental, memperbaiki sistem tata kelola pemerintahan dan meningkatkan pelayanan publik sehingga pemerintah bisa dirasakan di tengah masyarakat. “Bekerja lebih baik dan amanah, dekat dengan rakyat dan sehingga dapat selalu menjadi pimpinan yang dipercaya,” tutupnya.

Erry hadir didampingi istri Ny Evi Diana dan keluarga. Sementara para undangan yang hadir menyaksikan prosesi pelantikan terdiri dari para Gubernur seluruh Indonesia beserta istri, para pimpinan DPRD provinsi yang dilantik, anggota Forkopminda, Sekda Provsu, Ketua KPU Prov dan Bawaslu. (wol/rdn/data2)

Sumber: waspada.co.id

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *