Berita Nasional

Indonesia Tegaskan Kembali Dukungan Kepada Palestina

Indonesia Tegaskan Kembali Dukungan Kepada Rakyat PalestinaLondon – Delegasi Indonesia yang dipimpin Duta Besar dan Wakil Tetap Indonesia untuk PBB dan Organisasi Internasional lain di Wina, Rachmat Budiman,  menegaskan kembali dukungan bagi pembangunan Gaza pasca agresi militer Israel ke wilayah itu pada 2014 lalu. 

Pernyataan tersebut disampaikan delegasi Indonesia, dalam seminar internasional tentang Palestina, di Wina, Austria, 31 Maret-1 April.

Pejabat di Kedutaan Besar Indonesia di Wina, Dody Kusumonegoro, Kamis, menyatakan, serangan militer Israel, dan blokade yang dilakukan hingga saat ini tidak hanya menimbulkan dampak kemanusiaan bagi masyarakat Gaza, tetapi juga menjadi penghalang bagi tercapainya perdamaian di kawasan. 

Dikatakan dia, pemerintah dan rakyat Indonesia selalu siap sedia untuk membantu masyarakat Palestina mewujudkan cita-cita kemerdekaan Palestina dan kesejahteraan rakyatnya.

Menurut Budiman, dukungan ini antara lain diwujudkan dalam bentuk donasi bagi rekonstruksi Gaza sebesar satu juta dolar AS yang telah disampaikan Indonesia pada Konferensi di Kairo pada Oktober 2014, dan pembangunan rumah sakit di Gaza. 

Dalam hal ini, Indonesia menyerukan agar masyarakat internasional dapat memfokuskan dukungan bagi rekonstruksi Gaza, dan mendesak Israel segera mengakhiri blokade atas Gaza.

Seminar dibuka Direktur Jenderal dan pimpinan Kantor PBB di Wina, Yuri Fedotov, dan dihadiri wakil dari negara-negara anggota PBB, organisasi internasional maupun LSM internasional. Juga Duta Besar dan Wakil Tetap Indonesia untuk PBB, Desra Percaya.

Sumber: AntaraNews.com

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *