Berita Nasional

Gubsu Berharap KNIA Lokasi Transit Bali dan Eropa

Gubsu Berharap KNIA Lokasi Transit Bali dan EropaMEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), HT Erry Nuradi, berharap pemerintah bisa memanfaatkan Kualanamu International Airport (KNIA) sebagai lokasi transit penerbangan dari dan menuju Bali serta Eropa.

Menurut Erry, pemanfaatan Kualanamu sebagai lokasi transit dapat membantu peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Utara (Sumut) tiap tahunnya.

“Dulu tahun 1990-an ada penerbangan dari Eropa langsung ke Denpasar singgahnya ke Medan. Apalagi sekarang ini Medan bandaranya terbaik di Indonesia, mestinya bisa meningkatkan jumlah wisatawan,” katanya baru-baru ini.

“Kualanamu juga punya runway terpanjang di Indonesia kan, sehingga sangat layak penerbangan dari Eropa yang ke Denpasar bisa transit di Medan,” sebut Erry lagi.

Gubsu berharap koneksi antar bandara di Sumut dapat dimaksimalkan oleh Pemerintah, melalui PT Angkasa Pura II yang memiliki wewenang tersebut. Dengan begitu, turis bisa turun di Medan 1-2 hari.

“Jika ada transit kemudian kalau ada connection flight ke Bandara Silangit (Toba), mereka akan lebih senang,” katanya.

Penerbangan lanjutan ke Toba dianggapnya bisa meningkatkan jumlah keseluruhan wisatawan yang datang dan berkunjung ke lokasi wisata di Sumut. Sampai tahun lalu tercatat ada 250 ribu turis asing yang berkunjung ke lokasi-lokasi wisata di Sumut. Para turis tersebut datang ke Sumut menggunakan jalur udara dan laut.

Saat ini diketahui telah ada bandara kecil yang sudah selesai direvitalisasi oleh Pemerintah di Sumut. Bandara yang dimaksud adalah Bandara Silangit di Tapanuli Utara yang berjarak 1,5 jam perjalanan dari kawasan Danau Toba.

Presiden Joko Widodo didampingi Gubsu HT Erry Nuradi pun pernah mengatakan bahwa KNIA merupakan bandara kebanggaan masyarakat Sumut. (wol/aa/waspada/data1)

Sumber: waspada.co.id

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *