Berita Nasional

Gubernur Sumut Lantik Sekdaprovsu Bapak H. Hasban Ritonga

Gubernur Lantik Sekdaprovsu Hasban RitongaMedan, 14/1 –  Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Gatot Pujo Nugroho ST MSi, melantik H. Hasban Ritonga menjadi Sekretaris Daerah Provinsi menggantikan Nurdin Lubis setelah keluarnya Surat Keputusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi No. 214/M Tahun 2014 yang dikeluarkan 29 Desember 2014.

“Hasban diharapkan bisa mengemban tugas membantu Pemerintah Provinsi dalam membawa Sumut ke arah lebih baik. Peran Sekda sangat strategis,” kata Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho usai prosesi pelantikan di Aula Martabe Kantor Gubsu Jl. Diponegoro Medan, Rabu (14/1).

Sekda, kata dia bertugas memastikan seluruh jajaran di Pemprov Sumut punya misi sama untuk memajukan Sumut. Menjawab pertanyaan wartawan tentang polemik penetapan dan pelantikan Sekda itu mengingat Hasban masih menjadi terdakwa di sengketa Sirkuit IMI Pancing, Gatot menegaskan, langkah itu sudah sesuai prosedur.

Sebagai Gubernur, katanya, dia hanya menjalankan dan mengamankan tugas Pemerintah Pusat. “Saya yakin semua akan berjalan baik. Pak Hasban bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan termasuk menjalani proses hukum yang sedang berjalan,” katanya.

Sementara Hasban Ritonga mengaku siap menghadapi apapun yang terjadi dengan dilantiknya dia sebagai Sekda ditengah masih adanya kasus Sirkuit Pancing dimana Hasban menjadi terdakwa.

Dia mengakui, kesiapannya itu antara lain karena dirinya merasa tidak bersalah. “Sebagai warga negara Indonesia tentunya saya akan mengikuti proses hukum yang sedang berjalan. Tetapi dalam hati nurani, saya yakin, saya tidak bersalah,” katanya.

Dia juga menegaskan, tugasnya sebagai Sekda tidak akan terganggu dengan proses hukum yang sedang berjalan. “Ada pengacara dan kalaupun saya harus hadir, saya siap dan dipastikan bisa tetap menjalankan tugas sebagai Sekda dengan koordinasi terus dengan semua jajaran,” katanya.

Hasban Ritonga yang sebelumnya menjabat sebagai Kaban Inspektorat Provsu terpilih menjadi Sekdaprovsu mengungguli kedua calon lainnya yakni Kepala Bappeda Arsyad Lubis dan Sekertaris Dewan Randiman Tarigan.

Selain Gubernur Gatot Pujo Nugroho dan Wakil Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, proses pelantikan ini juga dihadiri oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) seperti Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, juga dihadiri mantan Sekdaprovsu sebelumnya H. Nurdin Lubis, RE Nainggolan dan Amrun Daulay.

Sumber: SumutProv.go.id

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *