Berita Nasional

Garuda Buka Rute Baru Medan-Singapura

Garuda Buka Rute Baru Medan-SingapuraKUALANAMU – Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, menyatakan dibukanya kembali rute Medan-Singapura oleh Garuda Indonesia akan memberi dampak besar terhadap jumlah kunjungan wisata di Sumatera Utara.

“Ya, saya sangat optimis jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia, khususnya Sumut, akan meningkat,” katanya saat membuka rute baru Medan-Singapura (pp) Garuda Indonesia di Kualanamu International Airport (KNIA), Selasa (14/6).

Sumut, lanjutnya, memiliki potensi sektor pariwisata yang luar biasa. Misalnya salah satu objek wisata itu Danau Toba. “Jika memang semua pihak turut mendukung, turis asing akan ramai-ramai ke Sumut,” ujarnya.

Nantinya, rute Medan-Singapura dengan nomor penerbangan GA 850 dan Singapura-Medan dengan nomor GA 851. Setiap harinya, Garuda Indonesia menggunakan pesawat Boeing 737-800 NG berkapasitas 162 penumpang dengan rincian 150 penumpang kelas ekonomi dan 12 penumpang kelas eksekutif atau bisnis.

“Dengan dibukanya kembali penerbangan ini, diharapkan dapat menjadi solusi terhadap para pengguna jasa yang berasal dari kota-kota di Sumatera. Seperti Palembang, Padang, Banda Aceh, dan Lampung yang ingin melakukan penerbangan ke Singapura sebagai salah satu pusat bisnis tanpa harus transit di kota lain,” ujarnya.

Lebih lanjut, Arief Yahya dijadwalkan ikut penerbangan perdana tersebut. Penerbangan ke Singapura ini merupakan rute internasional kedua yang dilayani Garuda Indonesia dari Medan. Pada Desember 2015, Garuda Indonesia membuka layanan penerbangan dari Medan ke Jeddah.

Direktur Utama Garuda Indonesia, M Arif Wibowo, menyatakan pembukaan kembali rute Medan-Singapura (pp) ini merupakan bagian dari strategi bisnis untuk terus mengembangkan jaringan penerbangannya di rute internasional.

“Melalui penerbangan ini, kami berupaya untuk semakin meningkatkan posisi Garuda Indonesia bagi pasar Singapura. Mengingat arti penting dari hubungan kedua negara yang telah terjalin cukup lama,” katanya.

Di samping itu dengan berbagai potensi yang dimiliki Kota Medan khususnya potensi pariwisata, rute strategis ini diharapkan juga akan terus mendorong peningkatan pariwisata daerah,” cetus Arif.

“Untuk harga tiket penerbangan perdana, harganya Rp1,5 juta pulang-pergi menjelang lebaran. Nanti lebaran pasti naik karena kita juga cari untung dikit juga,” tutup Arif sembari tertawa.(wol/aa/waspada/data1)

Sumber: waspada.co.id

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *