Berita Madina

Festival Gordang Sambilan di Mandailing Julu Targetkan Rekor Muri

Festival Gordang Sambilan di Mandailing Julu Targetkan Rekor MuriPanyabungan – Festival Gordang Sambilan yang dilaksanakan di Kotanopan ditargetkan masuk Museum Rekor Indonesia (MURI) pada aksi memainkan alat musik Gordang terbanyak se-dunia secara serentak, Selasa.
 
Festival Gordang Sambilan, Tor-tor dan fashion busana pengantin Mandailing sewilayah Mandailing Julu yang dilaksanakan oleh Forum masyarakat mandailing julu bersama dengan badan pemangku adat Mandailing julu ini diikuti oleh tujuh kecamatan yang ada diwilayah itu.
 
Ketua panitia Festival Gordang Sambilan Sambilan, Tor-tor dan fashion busana pengantin Mandailing se-wilayah Mandailing Julu, Lokot Husda. S.Ag menjawab ANTARA mengatakan, peserta dari kegiatan ini diikuti oleh tujuh kecamatan yang ada diwilayah itu.
 
“Pesertanya dari kegiatan ini terdiri dari para utusan desa dan utusan sekolah tingkat SLTP dan SLTA ,” ujarnya.
 
Kegiatan yang mengambil tema” Memasyarakatkan Gordang Sambilan dan Tor-tor sebagai jati diri bangsa Mandailing ini terdiri dari dua tingkatan yakni, untuk umum, dan pelajar.
 
“Peserta Gordang Sambilan umum terdiri dari 20 gurup, pelajar 10 group, Tor-tor kategori umum, 20 group, pelajar 21 grup dan fashion bisana pengantin adat Mandailing sebanyak 32 peserta,” kata Lokot.
 
Ia mengatakan, tujuan kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya didalam melestarikan kembali alat musik tardisonal Mandailing, memberikan ketrampilan kepada peserta agar bisa memainkan Gordang Sambilan plus Tor-tor dan alat pendukung lainnya.
 
“Melalui ajang ini selain dapat melestarikan alat musik khas kita juga sebagai upaya mengenalkan kembali seni budaya Mandailing kepada masyarakat,” sebutnya.

Sumber: antarasumut.com

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *