Berita Nasional

Embarkasi Siap Terima dan Berangkatkan Jemaah Haji Indonesia

Embarkasi Siap Terima dan Berangkatkan Jemaah Haji
Jakarta (Pinmas) – Penyelenggaraan ibadah haji 1437H/2016M segera bergulir. Jemaah haji Indonesia akan mulai memasuki asrama haji pada 8 Agustus lalu diberangkatkan sehari setelahnya.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ahda Barori memastikan bahwa seluruh embarkasi haji sudah siap untuk menerima dan memberangkatkan calon jemaah haji Indonesia. “Insya Allah sudah siap. Hari ini, PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) embarkasi sudah berada di asrama haji masing-masing,” demikian keterangan yang disampaikan Ahda Barori melalui pesan singkat kepada Pinmas, Minggu (07/08).

“Mereka sudah mengadakan rapat koordinasi tentang kesiapan melayani jemaah haji di embarkasi, baik menerima dari daerah masing-masing maupun memberangkatkan ke Tanah Suci,” tambahnya.

Menurut Ahda, Surat Panggilan Masuk Asrama (SPMA) untuk jemaah haji yang akan diberangkatkan pada hari pertama (9 Agustus) sudah dibagikan semua. Senin (08/08), jemaah haji sudah mulai masuk asrama. Mereka akan berada di asrama selama kurang lebih 24 jam, untuk kemudian diberangkatkan ke Arab Saudi.

Ada sembilan embarkasi dijadwalkan akan memberangkat jemaah kloter 01 pada tanggal 9 Agustus, yaitu: Embarkasi Padang pada (PDG) jam 06.25 WIB, Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) pada jam 08.15 WIB, Embarkasi Batam (BTH) pada jam 09.30 WIB, Embarkasi Makasar (UPG) pada jam 09.40 WITA, Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) dan Surabaya (SUB) pada jam 10.30 WIB, Embarkasi Medan (KNO) pada jam 12.30 WIB, Embarkasi Solo (SOC) pada jam 16.40 WIB, dan Embarkasi Banjarmasin (BDJ) jam 23.30 WITA.

“Tanggal 9 akan diberangkatkan sebanyak 11 kloter, yaitu: BDJ 1 kloter, JKS 1 kloter, BTH 1 kloter, SUB 1 kloter, KNO 1 kloter, PDG 1 kloter, UPG 1 kloter, JKG 2 kloter, dan SOC 2 kloter,” papar Ahda.

Sementera itu, tiga embarkasi baru akan memberangkatkan jemaah haji pada tanggal 10 Agustus, yaitu: Balikpapan (BPN) pada jam 01.25 WITA, Palembang (PLM) pada jam 08.30 WIB, dan Aceh (BTJ) pada jam 19.20 WIB. “Embarkasi Lombok (LOP), baru akan memberangkatkan pada gelombang kedua, yaitu 23 Agustus nanti. Untuk kloter pertama berangkat pada jam 09.05 WITA,” tambahnya.

Dijelaskan Ahda, jemaah haji Indonesia akan diberangkatkan ke Saudi Arabia dengan dua maskapai penerbangan, yaitu: Garuda Indonesai (GA) dan Saudia Airlines (SV). Maskapai Saudia Airlines (SV) akan memberangkatkan jemaah dari Embarkasi Jakarta – Bekasi (JKS), Surabaya (SUB), Batam (BTH), Palembang (PLM), dan Banjarmasin. Selebihnya, jemaah haji akan diberangkatkan ke Saudi dengan Maskapai Garuda Indonesia (GA), ujar Ahda.

Pemberangkatan jemaah haji Indonesia juga akan dibagi dalam dua gelombang. Menurut Ahda, pada pemberangkatan gelombang pertama, Garuda Indonesia akan membawa 39.881 jemaah yang terbagi dalam 102 kloter (kelompok terbang). Sedang Saudi Airlines akan memberangkatkan 47.435 jemaah dalam 110 kloter.

Pada pemberangkatan gelombang kedua, GA akan mengangkut sebanyak 39.139 jemaah dalam 103 kloter. Sedangkan SV akan memberangkatkan 30.665 jemaah dalam 69 kloter. Jemaah yang diangkut GA totalnya 79.020 orang dalam 205 kloter, sedang yang diangkut SV totalnya 78.100 orang dalam 179 kloter, papar Ahda.

“Estimasi jemaah reguler dan petugas kloter yang akan diberangkatkan pada musim haji tahun ini adalah sebanyak 157.120 dalam 384 kloter,” imbuhnya. (mkd/mkd)

Sumber: kemenag.go.id

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *