Berita Madina

Durian Mentong Panyabungan Tembus Jakarta, Harganya Rp. 250.000/ buah

Durian Mentong Panyabungan Tembus Jakarta, Harganya 250.000 per Buah
PANYABUNGAN – Budidaya durian Mentong ternyata memiliki prospek yang sangat menggiurkan, selain harganya yang sangat mahal juga mampu berbuah tiga kali dalam setahun.

Durian Mentong asal Desa Sipapaga Kecamatan Panyabungan, Mandailing Natal saat ini pasarnya sudah merambah Jakarta. Harga jualnya di tingkat konsumen mampu mencapai sekitar 250.000 per buah. Beda dengan durian biasa yang harganya berada di kisaran 10.000 hingga 35.000 per buah.

Dalimun (43) petani durian Mentong di Sipapaga kepada waratawan pekan lalu mengungkapkan pasaran durian dari kebunnya telah mengisi sejumlah mall di Jakarta.

Durian Mentong merupakan primadona di antara jenis-jenis durian lainnya. Rasanya lebih legit serta buahnya yang besar dengan daging buah yang lebih tebal.

Dalimun mengungkapkan, jika durian di kebunnya telah bebunga, maka saudagar langganannya dari Jakarta akan datang langsung ke kebunnya dan melakukan survey sebelum dilakukan kontrak pemasaran dengannya.

Di kebun itu terdapat sebanyak 37 batang pohon durian Mentong. “Untuk masa panen dalam setahun bisa dua sampai tiga kali panen. Sekarang masih panen sudah ada yang berbunga,” katanya.

“Biasanya, Pak Beny dari Jakarta, kalau sudah kita beritahu pohon durian kita ini sudah berbunga, beliau langsung survey ke sini. Kalua bunganya menjanjikan, beliau langsung tawarkan kontrak ,” ujar Dalimun.

Pengakuan Dalimun, nilai kontrak dengan saudagar dari Jakarta itu berada di kisaran 60 jutaan rupiah dalam satu musim panen.

Sumber: MandailingOnline.com

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *