Dirgahayu PMI ke-74 di Kabupaten Mandailing Natal

Diskominfo – Madina. PMI adalah organisasi kemanusiaan yang berstatus badan hukum, diundangkan dengan Undang-Undang nomor 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan guna menjalankan kegiatan Kepalangmerahan  sesuai dengan Konvensi Jenewa Tahun 1949, dengan tujuan untuk mencegah dan meringankan penderitaan dan melindungi korban tawanan perang dan bencana, tanpa membedakan agama, bangsa, suku bangsa, warna kulit, jenis kelamin, golongan, dan Pandangan Politik.

Ketua Palang Merah Indonesia Cabang Kabupaten Mandailing Natal,Ny. Ika Desika Nasution membuka acara Hari Ulang Tahun Palang Merah Indonesia (HUT PMI) ke-74 Kabupaten Mandailing Natal dengan mengusung Thema “Kita Tangguh Indonesia Maju” Kamis (19/09/2019)

Adapun tugas yang dilakukan PMI adalah:

  1. Memberikan bantuan kepada korban konflik bersenjata, kerusuhan
  2. Memberikan pelayanan darah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
  3. Melakukan pembinaan relawan
  4. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan kepalangmerahan
  5. Menyebarluaskan informasi yang berkaitan dengan kegiatan kepalngmerahan
  6. Membantu dalam penanganan musibah atau bencana di dalam dan di luar negeri
  7. Membantu pemberian pelayanan kesehatan dan sosial
  8. Melaksanakan tugas kemanusiaan lainnya yang diberikan oleh pemerintah

Saat ini, PMI telah berdiri di 33 Provinsi, 474 Kabupaten/Kota dan 3.406 Kecamatan (data per-Februari 2019). PMI mempunyai hampir 1,5 juta sukarelawan yang siap melakukan pelayanan. Sumber: http://www.pmi.or.id

Dasar Hukum Pelaksanaan Hut PMI yang ke-74

  1. Undang-undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan
  2. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Palang Merah Indonesia
  3. Surat Keputusan Pengurusan Palang Merah Indonesia Provinsi Sumatera Utara Nomor 007/1.02.00/KEP/PMIPROV.SUMUT, Tanggal 25 Januari 2019 tentang Pengesahan Penggantian Antar Waktu Pengurus PMI Kabupaten Mandailing Natal masa bakti 2016-2021
  4. Surat Edaran Ketua Umum Palang Merah Indonesia Nomor 1570/HUMAS/IX/2019 tanggal 30 agustus 2019 Perihal Peringatan Hari Ulang Tahun PMI ke 74
  5. Surat Keputusan Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Mandailing Natal Nomor 07/SK/PMI-MADINA/2019 tanggal 16 september 2019 tentang Susunan Kepanitiaan Acara Peringatan Hari Ulang Tahun Palang Merah Indonesia ke-74 Kabupaten Mandailing Natal

Ketua Palang Merah Indonesia Cabang Kabupaten Mandailing Natal,Ny. Ika Desika Nasution menghadiri sekaligus membuka acara Hari Ulang Tahun Palang Merah Indonesia (HUT PMI) ke-74 Kabupaten Mandailing Natal dengan mengusung Thema “Kita Tangguh Indonesia Maju” Kamis (19/09/2019)

Acara HUT PMI yang ke-74 ini dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Lama, Dalan Lidang, Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, dengan rangkaian kegiatan “Pelantikan Anggota Palang Merah Remaja (PMR) tingkat wira, Bhakti Sosial Donor Darah, Penerimaan Piagam Penghargaan kepada Pendonor Sukarela”

Turut hadir dalam acara ini Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution, Ketua DPRD Kabupaten Mandailing Natal, Erwin Efendi Lubis, Danramil 13 Panyabungan Perwira Penghubung (Pabung), Mayor Inf. Rabani, Kapolres Mandailing Natal atau yang mewakili, Ketua Pengadilan Negeri Mandailing Natal atau yang mewakili, Kajari Mandailing Natal atau yang mewakili, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Mandailing Natal, Sajulina Nasution, Para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Kepala BNNK Mandailing Natal, AKBP. Ramlan, SH. MH, Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal, Drs. Syahnan Batubara, MM, Para Asisten di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, Staf Ahli di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, Ormas Kepemudaan, Para Camat, Pengurus dan Relawan PMI se- Kabupaten Mandailing Natal dan para undangan lainnya.

Secara Khusus Ketua PMI Cabang Kabupaten Mandailing Natal juga berpesan kepada Para Anggota Palang Merah Remaja (PMR) Mandailing Natal “Tingkatkanlah rasa ingin tahu untuk terus belajar dan berkembang, pupuk terus rasa kebersamaan dalam membantu sesama” karena setetes darah kita dapat membantu menolong penderitaan orang lain. Marilah kita sama-sama gerakkan Donor Darah Sukarela ini, Insya Allah dengan bantuan Bapak/Ibu semua kita akan dapat meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Mandailing Natal,Drs. H. Dahlan Hasan Nasution dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Mandailing Natal,Drs. Syahnan Batubara, MM mengucapkan “Selamat dan Sukses atas Acara Peringatan Hari Ulang Tahun Palang Merah Indonesia yang ke-74. Kami berharap dengan momen HUT seperti ini merupakan momentum bagi PMI Mandailing Natal untuk terus meningkatkan Kinerja dan Pelayanannya kepada masyarakat Mandailing Natal”.
.
Bupati Mandailing Natal juga menghimbau Kepada Dunia Pendidikan “Marilah Kita semua bersatu padu dalam membangun dan mengembangkan Palang Merah Remaja (PMR) di satuan-satuan pendidikan yang ada sebagai salah satu wadah bagi generasi muda kita, siswa kita dan anak-anak kita dalam melakukan kreasi dan inovasi yang positif dengan kegiatan-kegiatan kepalangmerahan sesuai dengan porsi masing-masing”.

Khusus kepada Para Pendonor Darah Sukarela yang memperoleh Penghargaan dari PMI, Bupati Mandailing Natal “Mengucapkan terima kasih atas sumbangsih Bapak/Ibu dalam menyumbangkan darahnya bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan, kelak Allah SWT akan memberikan balasan yang baik bagi Bapak/Ibu sekalian.

Dan untuk Palang Merah Indonesia Cabang Kabupaten Mandailing Natal, Bupati mengajak seluruh Pengurus dan Jajarannya agar kiranya “Dapat mengembangkan PMI sesuai dengan tingkat kepengurusan masing-masing di Kabupaten Mandailing Natal, Teruslah berbuat yang terbaik untuk Mandailing Natal yang kita cintai ini”.

Tim Redaksi