Berita Madina

Dinas Kesehatan Madina Adakan Refetilisasi Posyandu

Dinkes Madina Adakan Refetilisasi PosyanduPanyabungan Sumut 7/4 – Pemkab Madina melalui Dinas Kesehatan mengadakan Refetilisasi Posyandu di Aula Kantor Camat Panyabungan, Selasa.

Bupati Madina Drs. H. Dahlan Hasan Nst melalui Kadis Kesehatan Drg. Ismail Lubis mengatakan Refetilisasi Posyandu ini dilaksakan dalam rangka  peningkatan Kesehatan ibu dan anak di wilayah Mandailing Natal Khususnya Kec. Panyabungan.

Menurutnya, “kesehatan ibu dan anak saat ini sudah sangat intres maka dari itu Bupati Madina menegaskan Dinas Kesehatan agar menjalankan Program ini dimana Pemkab Madina telah mengalokasikan dana APBD untuk refresing kader disebabkan Posyandu itu 80 Persen penggeraknya adalah Masyarakat.”

“Dinas Kesehatan secara teknis hanya sebagai pelayan kesehatan yang akan memberikan edukasi kepada masyarakat sesuai dengan yang ditampung dalam APBD Kab. Madina seperti Dana Refresing kader, Perangsang Kader dan Dana Bok,” katanya.

Dia menambahkan, “setiap Posyandu sudah diberikan dana untuk pembelian makanan tambahan seperti pembelian telur, bubur sebesar 50 ribu setiap Posyandu dan juga disokong dari dana operasional kesehatan yang akan diberikan setiap bulannya kepada 480 Posyandu yang berada di Kabupaten Mandailing Natal.”

“Pragram tersebut juga dapat meningkatkan gizi pada bayi dan balita dan harapannya kepada kader agar dapat meningkatkan kesehatan masyarakat seperti apa yang diharapkan oleh Bupati Mandailing Natal Drs. H. Dahlan Hasan Nst,” kata Drg Ismail Lubis.

Kegiatan tersebut juga diikuti Camat Panyabungan Hasfisuddin, Staf Dinas Kesehatan Kab. Madina, beberapa bidan desa beserta pengurus PKK dan ibu-ibu masyarakat Kecamatan Panyabungan.

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *