Berita Madina

Di Puskesmas Gunung Baringin ISPA 47 orang

Di Puskesmas Gunung Baringin ISPA 47 orangPANYABUNGAN – Dalam sepekan terakhir, data pasein kasus ISPA (infeksi saluran pernafasan akut) mencapai 47 orang yang ditangani Puskemas Gunung Baringin.

Rinciannya, jumlah anak-anak sebanyak 21 orang, dewasa 16 orang  dan lanjut usia sebanyak 10 orang. Faktornya ditengarai akibat kabut asap yang menyelimuti kawasan ini dan juga non asap.

Tidak diperoleh data sebulan terakhir sehingga tidak dapat diketahui grafik jumlah pasien kasus ISPA, sebab, Mandailing Online hanya menemukan bidan perawat di puskesmas itu, Sabtu (10/10).

Puskemas Gunung Baringin, Panyabungan Timur, Mandailing Natal (Madina) membawahi 14 desa dan 1 kelurahan. Jumlah penduduk di kecamatan ini sebanyak 12. 570 berdasar data Badan Pusat Statistik Madina.

Sementara itu, di Kecamatan Kotanopan, data per bulan September 2015, jumlah pasien kasus ISPA yang berobat ke Puskesmas Kotanopan sebanyak 458 orang. Data itu bertambah dari bulan Agustus, tetapi hanya beda tipis.

Kepala Puskesmas Kotanopan, Dr Wuryandari menjawab Mandailing Online, Sabtu (10/10) menyebutkan, dari jumlah 458 pasien pengidap ISPA itu paling banyak adalah usia 5 hingga 9 tahun sebanyak 77 orang, disusul usia 20 hingga 44 tahun yang berjumlah 74 orang. Dari sisi gender, persentase jumlah perempuan dan laki-laki hanya beda tipis di segala tingkatan usia.

Sumber: MandailingOnline.com

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *