DESA SAYUR MAINCAT KEC. KOTANOPAN, NOMINASI TINGKAT NASIONAL KATEGORI LOMBA HATINYA PKK

Rombongan Tim Penilai Verifikasi Lapangan terdiri dari Ketua Bidang III TP PKK Pusat, Hanifah Husein Nasution, dan Ketua Pokja III TP PKK Pusat Ir. Johan Siswono, di dampingi Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution, Ketua TP. PKK Kab. Mandailing Natal, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution dan Ketua Pokja III TP PKK Sumut Vera Siryana saat meninjau langsung Desa Binaan TP. PKK Kab. Mandailing Natal di Desa Sayur Maincat, Kec. Kotanopan. (17/06/2019)

 

Diskominfo – Madina. Desa Sayur Maincat Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal, dipercaya mewakili Kabupaten Mandailing Natal dan Provinsi Sumatera Utara dalam ajang lomba 10 program PKK dalam kategori Pemanfataan tanah pekarangan (Hatinya PKK) yaitu menggerakkan masyarakat untuk memanfaatkan tanah pekarangan dengan menanam berbagai tanaman sayuran, apotik hidup, lumbung hidup, peternakan dan perikanan untuk pemenuhan pangan dan gizi keluarga. Masuknya Desa Sayur Maincat, Kec. Kotanopan sebagai salah satu dari 6 nominasi tingkat nasional dalam kategori lomba Hatinya PKK, tidak hanya membuat bangga masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, tetapi juga Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Tim Penilai Verifikasi Lapangan dari TP. PKK Pusat dan Provinsi pun datang untuk melakukan peninjauan secara langsung di Desa Sayur Maincat Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal, Senin pagi (17/06/2019). Rombongan Tim Penilai Verifikasi Lapangan terdiri dari Ketua Bidang III TP PKK Pusat, Hanifah Husein Nasution, dan Ketua Pokja III TP PKK Pusat Ir. Johan Siswono, di dampingi Ketua TP. PKK Kab. Mandailing Natal, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution dan Ketua Pokja III TP PKK Sumut Vera Siryana saat meninjau langsung Desa Binaan TP. PKK Kab. Mandailing Natal di Desa Sayur Maincat, Kec. Kotanopan. Turut serta mendampingi rombongan tim penilai tersebut adalah Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution, Sekda Mandailing Natal, Drs. Syahnan Batubara, MM., Kepala OPD Pemkab. Mandailing Natal, Camat Kotanopan, anggota TP. PKK Provinsi Sumatera Utara, Nina Purwadi, Siti Endah Maria, Lely Dahler, Juliana dan perwakilan dari Dinas Penanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara, Lusiana Siahaan.

 

Ketua Bidang III TP. PKK Pusat, Hanifah Husein Nasution, Ketua Pokja III TP. PKK Pusat, Ir. Johan Siswono, didampingi Ketua TP PKK Desa Sayur Maincat, Kec. Kotanopan, Ny. Duma Sari Amri Husin, terlihat sedang mengamati Pavin Block yang terbuat dari Plastik bekas yang merupakan satu dari empat inovasi andalan Desa Sayur Maincat, Kec. Kotanopan. (17/06/2019)

 

Pada kesempatan tersebut, Ketua Bidang III TP. PKK Pusat, Hanafiah Husein Nasution, menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Bupati Mandailing Natal, TP. PKK Kabupaten dan TP. PKK Desa Sayur Maincat yang telah menggerakkan masyarakat untuk lebih sadar akan pentingnya keberadaan lingkungan yang asri, dan sehat, sekaligus memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan menanam sayur-sayur dan tumbuhan lainnya.

“Mewakili TP. PKK Pusat, saya mengapresiasi secara khusus kinerja Bupati Mandailing Natal, TP. PKK Kabupaten dan TP, PKK Desa Sayur Maincat, dalam membina, memberikan arahan, menyadarkan sekaligus menggerakan masyarakat untuk peduli akan kelesetarian dan kesehatan lingkungan dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan menanam sayur-sayur dan tumbuhan lainnya. Pekerjaan ini tentu tidak gampang, tapi dengan metode dan pola pendekatan yang selama ini dijalankan oleh Bupati Mandailing Natal, TP. PKK Kabupaten dan TP, PKK Desa Sayur Maincat ditambah lagi perubahan kesadaran masyarakat yang semakin baik, tentu pekerjaan ini akan terasa mudah,” ujar Ketua Bidang III TP. PKK Pusat, Hanafiah Husein Nasution, disela-sela kunjungannya ke Desa Sayur Maincat, Kec. Kotanopan.

 

Ketua Pokja III TP. PKK Pusat, Ir. Johan Siswono, didampingi Kadis PMD, Muhammad Ikbal, S.Psi, Ketua TP PKK Desa Sayur Maincat, Kec. Kotanopan, Ny. Duma Sari Amri Husin, terlihat sedang mengamati proses pembuatan Minyak Tanah dari batang pohon Pisang yang merupakan satu dari empat inovasi andalan Desa Sayur Maincat, Kec. Kotanopan. (17/06/2019)

 

Ketua Bidang III TP. PKK Pusat, Hanifah Husein Nasution, didampingi Ketua Pokja III TP PKK Sumut Vera Siryana, Ketua TP PKK Desa Sayur Maincat, Kec. Kotanopan, Ny. Duma Sari Amri Husin, terlihat sedang mengamati proses pembuatan Pupuk Kompos dari sampah organik yang merupakan satu dari empat inovasi andalan Desa Sayur Maincat, Kec. Kotanopan. (17/06/2019)

 

“Dengan adanya pembinaan TP. PKK Kabupaten dan TP. PKK Desa tentang program Hatinya PKK ini dengan memanfaatkan tanah pekarangan rumah untuk ditanami berbagai tanaman sayuran, dan apotik hidup, maka masyarakat tidak lagi mengeluarkan uang untuk membeli berabagi aneka sayuran, terong, tomat, cabai, ikan, dan buah-buahan, melainkan hanya tinggal memetik hasil tanaman yang tumbuh subur disekitar pekarangan rumah masing-masing,” ujar Hanafiah Husein Nasution.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bidang III TP. PKK Pusat, Hanafiah Husein Nasution, juga menyampaikan harapan agar kesadaran masyarakat akan kelesetarian dan kesehatan lingkungan dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan menanam sayur-sayur dan tumbuhan lainnya semakin membaik di masa mendatang.

“Harapan dan keinginan saya, bahkan kita semua, semoga kiranya pembinaan desa dalam kategori Hatinya PKK ini, jangan hanya berdasarkan pada adanya lomba untuk mencari yang terbaik saja, tetapi terus dilakukan perubahan pola hidup, pergerakan informasi dan pemerataan pembinaan, sehingga Desa Sayur Maincat, Kec. Kotanopan ini bisa menjadi desa percontohan di Kabupaten Mandailing Natal, bahkan Provinsi Sumatera Utara dan Indonesia. Intinya, PKK harus membantu program kerja pemerintah dan harus menjadi tonggak perubahan ,” kata Hanafiah Husein Nasution penuh dengan semangat.

 

Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution, memberikan sambutan didepan Tim Penilai Verifikasi Lapangan dari TP. PKK Pusat dan Provinsi Sumut, saat meninjau langsung Desa Binaan TP. PKK Kab. Mandailing Natal di Desa Sayur Maincat, Kec. Kotanopan. (17/06/2019)

 

Bupati Mandailing Natal dalam sambutannya menyatakan rasa syukur atas terpilihnya Desa Sayur Maincat Kec. Kotanopan yang masuk salah satu dari 6 nominasi tingkat nasional kategori lomba hatinya PKK dan akan terus berupaya agar desa-desa lainnya yang ada di wilayah Kab. Mandailing Natal juga dapat mengikuti jejak yang ditorehkan oleh Desa Sayur Maincat Kec. Kotanopan.

“Atas nama Pemkab Mandailing Natal, marilah sama-sama kita doakan agar Desa Sayur Maincat, Kec. Kotanopan ini terpilih menjadi desa yang terbaik dalam lomba ini, sekaligus mari kita jadikan prestasi ini awal dari kebangkitan Kabupaten Mandailing Natal dikancah Nasional, dan yang terpenting saya berharap kita jangan berpuas diri dulu, melainkan terus meningkatkan pembinaan, dan menyadarkan serta menggerakan masyarakat untuk peduli akan kelesetarian dan kesehatan lingkungan dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan menanam sayur-sayur dan tumbuhan lainnya, demi kesejahteraan masyarakat,” ucap Bupati Mandailing Natal.

 

 

Tim Redaksi