Berita Nasional

Delapan Negara Ikuti Festival Durian Antar Bangsa di Medan – Sumut

Delapan Negara Ikuti Festival Durian Antar BangsaMedan, 4/12 – Sebanyak 8 negara mengikuti festival durian antar bangsa yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara pada 6-7 Desember 2014 di Lapangan Benteng Medan. Festival tersebut bertujuan untuk memperkenalkan kearifan lokal, budaya Sumut, serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumut.

Kepala Dinas Pariwisata Sumut Elisa Marbun mengatakan event ini diikuti oleh Malaysia, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Amerika Serikat, Polandia, India, Singapura, Jepang, dan Thailand akan menampilkan paket makan durian dengan harga Rp 50.000 (satu buah durian dengan satu produk turunan). Even selama dua hari itu juga akan menampilkan kesenian seperti pagelaran musik etnik, pagelaran kolosal seperti Hikayat Danau Toba dan Hang Tua, tarian medley, hidburan lawak, serta pameran ekonomi kreatif.

“Sebenarnya ini tidak ada anggarannya. Hanya dana dekonstrasi dari kementerian pariwisata, Rp 185 juta dari kementerian, Rp 193 juta kegiatan refleksi akhir tahun, Rp 100 juta dari museum,” ucapnya saat temu pers dengan wartawan di Ruangan Press room Kantor Gubernur Sumatera Utara, Kamis (4/12).

Elisa menjelaskan, kegiatan festival itu dihadiri 39 stand diantaranya pameran produk ekonomi kreatif Dinas Budpar Sumut, Dinas UKM Sumut, Pertanian Sumut, Unimed, gerai Souvenir dan batik Gorga, makanan khas batak, manisan khas Medan, Disperindag Sumut, Geopark stand, dan gerai songket Batak.

Dia juga optimis kalau event ini juga akan dijadikan sebagai event tahunan dan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan asing dan lokal. Berdata data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, kunjungan wisatwan melalui pintu masuk Bandar Udara Kualanamu Internasional, Pelabuhan Laut Belawan, dan Pelabuhan Laut Tanjung Balai Asahan, jumlah wisatawan yang masuk ke Sumut sebanyak 212.718 orang per Januari-Oktober 2014. Pada periode sama di tahun 2013 jumlah kunjungan wisatwan hanya 201.109 orang.

Kadisbudpar Sumut yang didampingi Direktur Sumatera Woman Fobdation, Nova Zein menambahkan untuk mempromosikan event itu panitia sudah menjual paket wisata ke wisatawan Rp 800.000 per orang selama dua hari satu malam. Paket itu, ucapnya, diminati wisatawan dalam dan luar negeri.

“Sampai saat ini 1.827 orang sudah mendaftar untuk ikut makan durian dengan paket Rp 50.000. Kita mengajak seluruh gerai durian yang ada di Medan untuk berkumpul. Ada sekitar 8.000 butir durian yang dipersiapkan. Satu hari 4.000 buah durian,” katanya.

Durian-durian itu, katanya, didatangkan dari Bahorok, Lingga, dan Gunungtua. Dia mengatakan, dengan kedatangan wisatawan asing itu diharapkan even festival durian itu bisa dipromosikan mereka. Sehingga, katanya, image slogan ‘Ini Medan Bung’ tersebut juga bisa memberikan pengaruh positif dengan mengajak Sumut Senyum. “Ini Medan Bung kan terkesan negatif, maka kita mengajak melalui festival ini dengan Sumut Senyum,” pungkasnya.

(Sumber: SumutProv.go.id)

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *