BUPATI MANDAILING NATAL RENCANAKAN ALIH FUNGSI LAHAN GANJA DI PANYABUNGAN TIMUR MENJADI PERHUTANAN SOSIAL

Areal Lahan Ganja di Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Mandailing Natal. (01/07/2019)

 

Diskominfo – Madina.  Salah satu agenda perjalanan dinas Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution, ke Jakarta adalah dalam rangka menyerahkan usulan kepada Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, agar lahan ganja yang ada pada beberapa desa di Kecamatan Panyabungan Timur dijadikan sebagai wilayah Perhutanan Sosial. Hal ini dimaksudkan sebagai salah satu solusi invoatif dalam rangka mengantisipasi meluasnya tanaman ganja yang ada di Kecamatan Panyabungan Timur sekaligus sebagai upaya preventif dari bertambahnya fenomena kerusakan hutan lindung akibat keberadaan lahan ganja tersebut.

 

Bupati Mandailing Natal, Drs. Dahlan Hasan Nasution, menyerahkan berkas pengusulan alih lahan ganja di Kec. Panyabungan Timur menjadi Perhutanan Sosial kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Dr. Darmin Nasution,  di Jakarta, Senin siang (01/07/2019).

Surat usulan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal yang ditandangani oleh Bupati tersebut menyangkut perihal permohonan pembangunan perhutanan sosial di Kecamatan Panyabungan Timur, sebagai upaya pengalihan lahan-lahan ganja yang ada di beberapa desa di kecamatan itu untuk dijadikan sebagai pusat holtikultura, budidaya ikan tawar dan objek wisata andalan bagi Kab. Mandailing Natal. Pemusnahan areal lahan ganja sekaligus pengalihan lahan tersebut nantinya akan dipadukan dengan program TP. PKK Kabupaten dan TP. PKK Pusat.

Turut mendampingi Bupati Mandailing Natal dalam penyerahan berkas tersebut diantaranya adalah Kepala Dinas PUPR, Syahruddin Lubis, ST, Kepala Dinas Perkim, Rahmadsyah Lubis, Kepala Dinas Pertanahan, Ahmad Paizal, Ketua Kadin, Sobir Lubis, Aswin Parinduri dan Kepala Seksi Pengelolaan Opini dan Komunikasi Publik Dinas Infokom, Sabaruddin Nasution. Berkas usulan kepada Presiden ini langsung diserahkan Bupati Mandailing Natal kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Dr. Darmin Nasution,  di Jakarta, Senin siang (01/07/2019).

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Mandailing Natal, M. Wildan Nasution, S.Sos, melalui pers releasenya mewakili Bupati Mandailing Natal menyatakan rasa syukur dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Menko Perekonomian RI, dan beberapa Tokoh-tokoh Nasional Kelahiran Mandailing Natal, salah satu diantaranya adalah Todung Mulya Lubis.

“Berkas usulan pengalihan lahan ganja di Kec. Panyabungan Timur menjadi Kawasan Perhutanan Sosial,  sudah diserahterimakan kepada Presiden melalui Menko Perekonomian RI dan disaksikan beberapa tokoh nasional diantaranya Pak Todung Mulya Lubis,” Ujar Wildan.

“Mewakili Pemkab Mandailing Natal, Bupati Manadailing Natal, mengucapkan penghargaan dan rasa terimakasih kepada Bapak Presiden, Bapak Menko Perekonomian RI dan Bapak Todung Mulya Lubis yang tiada henti-hentinya mengarahkan dan membantu program percepatan pembangunan di Mandailing Natal,” Ucap Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Mandailing Natal.

“Diketahui Lahan perkebunan yang ditanami Ganja tersebut sangat subur dan lokasinya berada di ketinggian diatas 1.000 meter dari permukaan laut, sehingga sangat  cocok dijadikan sebagai pusat tanaman kopi sebagai upaya pengembalian kejayaan Kopi Mandailing dan Minyak Atsiri (Serai wangi). Untuk itu, Pemkab Mandailing Natal mengharapkan agar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan segera memproses usulan agar lahan ganja yang ada pada beberapa desa di Kecamatan Panyabungan Timur dijadikan sebagai wilayah Perhutanan Sosial,” ujar Wildan mengakhiri pers releasenya.

 

 

 

Tim Redaksi