Berita Madina

Bupati Madina Saksikan Upa-Upa Dzulmi Eldin

Bupati Madina Saksikan Upa-upa Dzulmi EldinPanyabungan 4/6 – Bupati Madina Drs. H. Dahlan Hasan Nst didampingi Ketua TP-PKK Madina Ny. Ika Desika Dahlan Hasan menyaksikan acara Upa-upa Wali kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin bersama putranya Rendi sebagai lambang kebesaran Adat Madina, Kamis.

Acara Upa-upa langsung dibawakan Raja Mandailing, Tokoh Adat dan masyarakat dihadapan FKPD, Pimpinan Ponpes, Alim Ulama,  serta pimpinan SKPD segenap jajarannya bersama pengurus TP-PKK Kab. Madina dan seluruh Camat tepatnya di Pendopo Rumah Dinas Bupati Madina.

Bupati Madina Drs. H. Dahlan Hasan Nst mengatakan, “kedatangan Wali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin ke Madina merupakan silaturrahmi sebagai bukti beliau masih memilki darah Mandailing Natal.”

Dikatakan memiliki darah Mandailing karena Nenek dari Dzulmi Eldin berasal dari Madina juga termasuk yang pertama kali membuka perkampungan yang bernama Ampung Siala di kecamatan Batang Natal.

Dia menegaskan agar semua tetap bersyukur kepada Allah SWT karena masih bisa menyambung silaturrahmi sesama Manusia.

“Yang dimaksud dengan Upa-upa merupakan ciri khas Adat Budaya Mandailing dalam menyambut kedatangan tamu sebagai tanda rasa bangga dan senang,” katanya.

Dia menjelaskan sesuai dengan yang diucapkan dalam Upa-upa juga bertujuan agar seluruh masyarakat Mandailing Natal mendoakan Wali Kota Medan bersama keluarga senantiasa diberikan kesehatan serta kekuatan dan kesuksesan.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu warisan leluhur bagi Mandailing Natal, yang dihidangkan dalam Upa-upa terdiri dari gulai ayam, telur beserta nasi dan segumpal garam yang pastinya semuanya memiliki arti dan tujuan tersendiri,” jelasnya.

“Ayam bermakna tidak pernah menelantarkan anaknya baik siang dan malam begitu juga hujan serta terik matahari. Mudah-mudahan sifat dan sikap Wali Kota selama ini yang selalu mengayomi masyarakat akan tetap kuat dalam menjalankan tugas,” jelasnya.

Dengan kehadiran Wali Kota Medan mudah-mudahan dapat menambah kedekatan dan keakraban antara SKPD dan seluruh staf yang berada di Kota Medan dengan yang berasal dari Mandailing Natal,” kata Dahlan Hasan.

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *