Berita Madina

Bupati Madina Himbau Distan-Pu Tinjau Persawahan Masyarakat

Bupati Madina Himbau Distan-Pu Tinjau Persawahan MasyarakatPanyabungan Sumut 6/4 – Bupati Mandailing Natal Drs. H. Dahlan Hasan Nst menghimbau Dinas Pertanian dan Pekerjaan Umum Kab. Madina agar segera turun meninjau lokasi persawahan masyarakat Desa Hutapuli Kec. Siabu Kab. Madina dalam menindak lanjuti laporan petani akan genangan air merendam persawahan saat tensitas curah hujan tinggi.

Dinas Pertanian besrta Dinas Pekerjaan Umum Mandaiing Natal Senin sore langsung turun ke lokasi persawahan masyarakat Desa Hutapuli namun genangan air yang merendam persawahan sesuai dengan informasi dari masyarakat tersebut sudah tidak ada lagi.

Jakulabu, salah satu petani padi mengatakan, “memang genangan air sudah surut namun apabila tensitas curah hujan tinggi selama satu hari saja sudah menjadi langganan kalau persawahan akan digenangi air disebabkan luapan air dari sungai Gotong Royong/ Rodang disaat kesurutan air persawahan akan diserang hama tikus,” jelasnya.

Petani mengharapkan agar Pemerintah Madinana segera mengantisipasi supaya tidak terjadi lagi genangan air khususnya di persawahan Desa Hutapuli.

Bupati Mandailing Drs. H. Dahlan Hasan Nst melalui telepon seluler mengatakan agar Pemerintah Desa setempat segera membuat proposal  permohonan pengerokan air di sungai yang berada di Desa Hutapuli agar tidak terjadi lagi genangan air pada lahan sawah masyarakat.

“Apabila genangan air dapat teratasi tentunya petani dapat bekerja dengan baik dan sawah akan terawat sehingga nantinya perekonomian masyarakat petani dapat disejahterakan sesuai dengan program pemerintah untuk swasembada serta ketahan pangan dapat terwujud.” kata Drs. H. Dahlan Hasan Nst.

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *