Berita Madina

Bupati Madina Hadiri Pengukuhan Badan Pemangku Adat

Bupati Madina Hadiri Pengukuhan Badan Pemangku AdatPanyabungan 20/10 – Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nst didampingi seluruh pimpinan SKPD bersama ribuan masyarakat menghadiri pengukuhan Badan Pemangku Adat wilayah adat Tanah Ulu Muara Sipongi Kabupaten Mandailing Natal.

“Pengukuhan Badan Pemangku Adat wilayah Tanah Ulu Muara Sipongi berdasarkan surat keputusan forum pelestarian dan pengembangan adat budaya (FPPAB) Daerah Kabupaten Mandailing Natal Nomor: 004/A/KPTS/FPPAB/MN/X/2015,” kata Ali Rachman Nst selaku sekretaris FPPAB Madina.

“Adapun masa jabatan Badan Pemangku Adat (BPA) wilayah Tanah Ulu Muara Sipongi merupakan periode 2015-2020 dan salah satu lembaga independen yang tidak berada dibawah lembaga sosial politik,” katanya.

“Selamat kepada Burhanuddin gelar Datuk Rimambang selaku ketua dan Mawardi gelar Datuk Mojokarang sebagai sekretaris serta Mansyur gelar Datuk Riamambang Batuah kiranya dapat bekerjasama dengan pengurus lainnya,” kata Bupati Madina Dahlan Hasan.

“Pemangku Adat wilayah adat Tanah Ulu Muara Sipongi berpusat di Kecamatan Muara Sipongi, setelah saya defenitif sebagai Bupati Madina maka sengaja saya besarkan seluruh pemilik Adat Istiadat sesuai dengan kenyataan dan kebenaran tanpa mengucilkan siapapun,” katanya.

Hal tersebut menjelaskan tidaklah mungkin Badan Pemangku Adat Tanah Ulu Muara Sipongi beratasan ke Badan Pemangku Adat Mandailing Godang begitu juga dengan Badan Pemangku Adat, baik Pesisir dan Mandailing Julu maka harus berdiri sendiri karena memilki hak yang sama.

“Selain keempat Badan Pemangku Adat tersebut kita harus memberikan ruang kepada Puja Kesuma dan Minang Saiyo sehingga semuanya harus mampu kita jadikan untuk membangun Mandailing Natal,” tegasnya.

“Diharapkan seluruh Pemangku Adat yang ada agar dapat membesarkan dan menjaga serta melestarikan Adat Istiadat yang sudah kita miliki sejak dulu,” kata Dahlan.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *