Berita Madina

Bupati Madina Berikan Penghargaan Pada Peringatan Hardiknas Tahun 2015

Bupati Madina Berikan Penghargaan Pada Hardiknas Tahun 2015Panyabungan 2/5 – Bupati Madina Drs. H. Dahlan Hasan Nst menggelar Upacara Hardiknas 2 Mei Tahun 2015 sekaligus memberikan penghargaan kepada siswa juara 1 Olimpiade IPA tingkat Provsu di lapangan Kantor Bupati Lama Panyabungan, Sabtu.

Sambutan Mendikbud melalui Bupati Madina Drs. H. Dahlan Hasan Nst mengatakan melalui Hardiknas Tahun 2015 Pemerintah memberikan apresiasi kepada semua pihak, semua pelaku pendidikan dimanapun berada yang telah bekerja keras membangkitkan potensi peserta didik menjadi manusia berkarakter mulia.

“Pendidikan telah membukakan mata dan kesadaran membangun negeri dan bhinneka yang modern sebuah negara yang berakar pada adat, budaya bangsa nusantara beralaskan gotong royong tetapi tetap mengedepankan dan menumbuhkan prinsip kesejajaran,” katanya.

“Menurutnya Indonesia adalah wajah cerah katulistiwa namun kita semua harus sadar bahwa aset terbesar Indonesia bukanlah tambang, minyak dan gas melainkan manusia Indonesia. Tanggung jawab yang besar adalah mengembangkan kualitas manusia Indonesia.”

“Manusia yang terdidik tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa dan janganlah sesekali kita berpikir mengikuti jalan berfikir kaum kolonial masa lalu karena kaum kolonial itu hanya fokus pada kekayaan alam saja tanpa peduli pada kualitas manusia,” katanya.

“Indonesia sudah 70 tahun merdeka sebab kemerdekaan itu bukan hanya menggulung kolonialisme melainkan untuk menggelar kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, kita harus fokus berkonsenterasi pada peningkatan dan pengembangan kualitas manusia.”

Wajah masa depan kita berada diruang-ruang kelas dan bukan berarti tanggung jawab membentuk masa depan berada dipundak pendidik namun secara konstitusional mendidik adalah tanggung jawab negara sesuai dengan tema Hardiknas Tahun 2015 “Pendidikan dan kebudayaan sebagai gerakan pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter pancasila”

“Pendidikan akan terwujud atas bekerja keras dan membuka lebar partisipasi masyarakat untuk terlibat aktif dalam pendidikan karena pendidikan bukan hanya urusan kedinasan di Pemerintah melainkan urusan serta tanggung jawab bersama,” kata Bupati Madina.

Usai melaksankan upacara peringatan Hardiknas Bupati Madina menyerahkan beberapa hadiah dan penghargaan, salah satunya kepada Suraidah Dalimunte siswa SLB Kab. Madina sebagai juara 1 Olimpiade IPA tingkat Provsu yang akan melanjutkan ketingkat Nasional Utusan Sumut pada 18 Mei mendatang di Yogyakarta.

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *