Berita Madina

BPBD Madina Himbau Warga Agar Waspada Terhadap Cuaca Ekstrim

BPBD Madina Himbau Warga Untuk Waspada Terhadap Cuaca EkstrimBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mandailing Natal menghimbau masyarakat di wilayah rawan bencana untuk waspada terhadap kondisi cuaca ekstrim yang saat ini tengah melanda wilayah Madina.

Kepala BPBD Madina Rizfan Juliardy, ST, MM Selasa (21/10) mengatakan, “tetap waspada terhadap perubahan cuaca saat ini yang ditandai curah hujan tinggi, angin kencang dan gelombang pasang.”

“Kami menghimbau warga yang menempati daerah rawan bencana seperti tempat kemiringan, pebukitan dan pinggiran sungai untuk waspada. Antisipasi perlu dilakukan untuk mengurangi resiko bencana,”

“Jika terjadi hujan secara terus menerus, diharapkan masyarakat yang berada di daerah rawan bencana seperti tanah longsor dan banjir untuk wasapada, Sebab dapat saja sewaktu-waktu dengan kondisi cuaca seperti ini akan terjadi banjir dan tanah longsor.” Katanya.

Lanjut ”apalagi kondisi cuaca tersebut diperburuk oleh drainase yang kurang baik serta terjadi penyumbatan dikarenakan pembuangan sampah yang sembarangan, kondisi seperti ini akan memicu terjadinya banjir.”

Bapak Risfan Juliardy, ST, MM juga menghimbau masyarakat untuk membersihkan drainase supaya tidak tersumbat serta jangan membuang sampah sembarangan. ”Madina merupakan daerah rawan banjir dan tanah longsor seperti di Kecamatan Panyabungan, Kecamatan Naga Juang, Kecamatan Batang Natal, Kecamatan Muara Batang Gadis, dan Kecamatan Kotanopan.” Ujarnya.

Untuk mengantisipasi kondisi cuaca tersebut, BPBD Madina terus melakukan koordinasi dengan masyarakat setempat, BPBD juga terus beroperasi 1×24 jam yang bertujuan untuk memantau perkembangan cuaca maupun situasi di lapangan.

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *