Apel Kesiapan Satgas Penanggulangan Bencana Alam Kab.Mandailing Natal Tahun 2020

Diskominfo – Madina. Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 360/131/SJ tanggal 07 Januari 2020 perihal Antisipasi dan Kesiagaan Menghadapi Bencana, menindaklanjuti hal tersebut Bupati Mandailing Natal, Drs. Dahlan Hasan Nasution dalam kesempatan apel Kesiapan Satgas Penanggulangan Bencana Alam Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2020, menyebutkan “Kepada semua pihak agar mengambil langkah-langkah seperti membentuk posko kesiapsiagaan bencana pada masing-masing OPS/Instansi/Lembaga terkait serta melakukan pemantauan secara cermat terhadap informasi cuaca dan peringatan dini dari BMKG, menyiagakan personil serta menyiapkan sarana, prasarana dan peralatan masing-masing. Melihat dari kondisi geografisnya Mandailing Natal merupakan daerah yang rawan bencana, mulai dari potensi ancaman banjir, tanah longsor, gempa bumi, letusan gunung sorik marapi, tsunami, angin puting beliung serta potensi kebakaran hutan dan lahan”.

“Kepada seluruh peserta apel maupun kita semuanya, saya menghimbau marilah kita bersama-sama mendukung dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan penanggulangan bencana apabila terjadi di wilayah kita ini, khususnya kepada BPBD saya mengajak semua untuk terus melakukan trobosan dan inovasi dalam hal efektivitas dan efesiensi penyelenggaraan bencana di Kabupaten Mandailing Natal, sehingga masyarakat merasakan kehadiran pemerintah. Sesuai dengan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, penyelenggaran penanggulangan bencana ada 3 (tiga) tahapan dalam pelaksanaannya yaitu, pra bencana, tanggap darurat bencana dan pasca bencana. Dan kegiatan yang kita lakukan pada hari ini termasuk salah satu upaya yang dilakukan dalam tahap pra bencana, yang didalamnya termasuk peningkatan kesiapsiagaan seluruh elemen terkait guna meningkatkan pelayanan kebencanaan terhadap masyarakat, respons yang cepat dan tepat yang sangat dinanti oleh masyarakat kita.”

Apel Kesiapan Satgas Penanggulangan Bencana Alam Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2020 yang dilaksanakan di Lapangan Apel Willem Iskandar Polres Mandailing Natal. Pimpinan apel gabungan yang dipimpin oleh Bupati Mandailing Natal, Drs. Dahlan Hasan Nasution. Kamis (09/01/2020)

Dalam kesempatan itu turut dihadiri oleh Kapolres Mandailing Natal, Irsan Sinuhaji, S.IK, M.H, Dandim 0212/TS, Dan Yonif 123 RW/TS, Dan Subdenpom 1/2-7 Panyabungan, Kepala BPBD Kabupaten Mandailing Natal, M. Yasir Nasution, SP.dI, Kepala BNN Kabupaten Mandailing Natal, AKBP Saharudin Bangko, Kepala Bappeda Kabupaten Mandailing Natal, Abu Hanifah SH, Unsur SKPD Kabupaten Mandailing Natal, Para Pejabat Utama Polres Mandailing Natal, Para Camat Se-Kabupaten Mandailing Natal, Para Danramil Sejajaran, Ketua OKP Kabupaten Mandailing Natal, Undangan dan seluruh peserta apel Kesiapan Satgas Penanggulangan Bencana Alam Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2020.

Tim Redaksi