Berita Madina

Akibat Longsor, Jalan Lintas Medan-Padang Terancam Putus

Akibat Longsor, Jalan Medan-Padang Terancam PutusPANYABUNGAN – Bahu jalan negara Medan-Padang mengalami longsor tepatnya di kawasan Desa Purba Lamo, Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal. Kondisi ini sangat mengancam keselamatan pengguna jalan.

Informasi dihimpun, Selasa (18/10), longsor itu terjadi Minggu (16/10) malam saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut. Tanah yang berada di bahu jalan longsor ke dalam jurang sedalam 10 meter dan lebar longsoran sekitar 25 meter mengakibatkan arus kendaraan harus ekstra hati-hati saat melintas.

“Longsor ini terjadi saat hujan deras turun di malam hari. Karena kurang berfungsinya parit jalan dan tidak ada gorong-gorong, air yang mengalir dari perbukitan hampir semua tumpah ke badan jalan sehingga mengakibatkan bahu jalan longsor,” ujar Parsungkunan Lubis, tokoh masyarakat Mandailing Julu.

Menurutnya, jika tidak secepatnya ditangani pihak terkait, kondisi badan jalan yang longsor akan semakin melebar. Kondisi tersebut juga menyebabkan terjadinya kerawanan lalu lintas terutama di malam hari, sebab selain longsor berada di tikungan, badan jalan sanutra di titik yang longsor menjadi sempit.

Ia berharap agar ada tindakan perbaikan atau pembangunan beronjong secepatnya di titik yang longsor. Maksudnya, pihak Satker Pelaksanaan Jalan Wilayah II Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional I Sumut turun tangan melakukan langkah penanganan.

“Upaya penanganan terhadap longsor harus segera dilakukan, sebab jalur ini satu-satunya alternatif menuju Padang (Sumbar). Kondisi jalur ini sudah sangat rawan, apalagi kalau jalan malam hari para pengendara tidak akan melihat lokasi longsor. Kemudian diharapkan jangan sempat jalur Medan-Padang itu terputus,” ujarnya. (wol/aa/wsp/data1)

Sumber: waspada.co.id

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *